Kelebihan Dan Kekurangan Game Online

Masyarakat di zaman modern ini memanfaatkan berbagai jenis kegiatan hiburan seperti olah raga, berbelanja, berkemah atau bermain game online. Tren bermain game online semakin populer karena berbagai keuntungan yang ditawarkannya. Namun di saat yang sama, game online juga memiliki kelemahan dan masyarakat harus berhati-hati.

Keuntungan
Salah satu keuntungan paling jelas dari permainan online adalah bahwa permainan ini jauh lebih nyaman dibandingkan dengan permainan tradisional. Sepulang dari kantor, masyarakat tidak perlu pergi kemana-mana untuk menghibur diri atau bermain game karena banyak permainan menarik dapat dinikmati melalui komputer sambil terkoneksi dengan internet.

Hanya dengan duduk di satu tempat, mungkin di rumah atau taman, orang dapat memainkan berbagai jenis game online hanya dengan beberapa klik. Permainan tradisional mengharuskan Anda membuat ruang untuk mengatur permainan dan permainan online lebih mudah dibandingkan permainan tradisional karena sebagian besar dilakukan di komputer.

Untuk bermain game online, tidak perlu peduli dengan pengaturan dan pembersihan yang diperlukan untuk bermain. Selain itu, pemain mempunyai keuntungan untuk bermain sendiri atau dengan pemain daring lainnya tergantung pada opsi yang lebih mudah daripada sesekali memainkan permainan tradisional.
Setiap permainan tradisional tidak dapat secara pasti dimainkan oleh satu orang saja dan memerlukan keterlibatan lebih banyak orang. Selain itu, game online lebih murah untuk dimainkan dibandingkan game lainnya; beberapa permainan bisa benar-benar gratis.

Sebagian besar perusahaan mengiklankan permainan baru mereka kepada pelanggan dengan menawarkan beberapa versi gratis selama beberapa bulan, hal ini membuat para pemain menikmati permainan tersebut tanpa khawatir dengan tagihan internet mereka.

Kekurangan
Selain kelebihan, game online juga dapat memberikan dampak buruk bagi kehidupan masyarakat khususnya remaja. Kecanduan game online telah menjadi populer di masyarakat dan hal ini dapat memberikan dampak negatif yang serius bagi anak-anak dari segi kesehatan fisik dan mental.
Salah satu dampak negatifnya adalah remaja hampir seluruh waktunya duduk di depan komputer atau di warnet, terpaku bermain dari pagi hingga tengah malam tanpa makan apa pun.

Hal ini tentunya mengakibatkan kurangnya aktivitas fisik pada anak sehingga membuatnya menjadi malas dan kurang aktif. Ada kemungkinan bahwa mereka akan mengabaikan segala sesuatu yang terjadi di sekitar mereka, tidak berbicara dengan siapa pun, dan terputus dari dunia luar. Mereka bahkan akan berbohong dengan orang tuanya atau bermain-main untuk menghabiskan lebih banyak waktu di kafe internet; ini bisa menjadi kebiasaan buruk yang harus dihentikan.

Bermain game online juga bisa beresiko dan sangat berbahaya karena bisa menjadi pintu masuk masalah perjudian. Selain anak-anak, hal ini juga dapat menimpa orang dewasa karena mereka berisiko terlibat dalam aktivitas perjudian jika tidak sadar dalam mengendalikan diri.
Kekerasan atau kejahatan merupakan salah satu akibat paling nyata dari bermain dan berjudi, hal ini tidak hanya merugikan individu dan keluarga tetapi juga akan menimbulkan dampak negatif yang ekstrim terhadap masyarakat. Bencana yang terjadi dalam keluarga sebagian besar bermula dari aktivitas perjudian online yang mendorong para pemainnya untuk menyerang anggota keluarganya atau mencuri asetnya selain melakukan pelanggaran lainnya.

Kesimpulannya, game online dapat memberikan perubahan positif atau negatif dalam cara orang menghabiskan waktu luangnya tergantung pada apakah pemainnya memiliki pengendalian diri atau tidak. Menyadari kelebihan dan kekurangan game online, pemain dapat meningkatkan kelebihannya agar tidak kecanduan.

Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut, kunjungi situs kami di : laskar138

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *